Wednesday 4 July 2012

- Mengenal Ekstensi File pada Windows


Macam-macam ekstensi file pada windows :

oleh : Mas Bro

Kadang kita bisa mengoperasikan computer tapi tidak sedikit yg belum paham mengenai ekstensi file yg dipakai di computer itu sendiri. sehingga kita kebingungan pada saat mengoperasikannya. Oke pada postingan ini akan dijelaskan jenis-jenis ekstensi file yg biasa dipakai di computer khususnya dengan sistem operasi Windows.
  
1.      EXE  :  (executable) File aplikasi windows
2.      DOC : File Dokumen (dapat dibuka dgn MS Word)
3.      xls   : (Excel spreadsheet) Ekstensi berkas dalam michrosoft excel
4.      ppt  : (PowerPoint Presentation) Ekstensi berkas dalam Michrosoft PowerPoint
5.   htm, html : (hyper text markup) = File Internet Document. Merupakan ekstensi file yg mendukung webdesign yg dapat dibuka oleh semua browser internet(Mozila,Firefox,Chrom, Safari,Opera, Internet Explorer,atau yg lainnya. dapat juga file denganekstensi.htm dapat dilihat dengan aplkasi notepad atau yg lainnya.
6.   ZIP/RAR : Jenis file kompresi / file yg dipadatkan. Dapat dibuka dgn aplikasi WinZip atau WinRar.
7.     GIF:File gambar animasi. Dapat dibuka dengan aplikasi Photoshop,Paint,ACDSee,dll.
8.  JPG/JPEG/BMP : File gambar Dapat dibuka dgn aplikasi,Photoshop,Paint,ACDSee,dll.
9.      PSD : File image Photoshop (File inihanya bisa dibuka dengan aplikasi Photoshop.
10.  MP3 : MP3 atau MPEG-1 Audio Layer 3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebihkecil.Jenis file ini banyak dipakai untuk semua pemutar audio seperti winamp, windows media player dan masih banyak lagi pemutar audio yg lainnya.
11.  MPG/MPEG : MPG (Movie picture group) yakni format yang sangat populer dalm urusa video karna dapat mengompersi gambar video asli studio yang ukuran besar menjadi lebih kecil dan hanya menurunkan framerate suara dan gambar dari video hasil studio
12.  Avi (Advanced video inc) yakni format lanjutan dari video asli studio kualitas sangat bagus sama seperti Mpg tetapi kekurangan ukuran file cukup besar.  
13.  FLV : Flash Video   biasa banyak dipakai untuk ekstensi video yg diunggah ke You Tube dan dapat diputar dengan aplikasi Total Video Player, FLV Player, dll.
14.  MP4 : MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grupkoding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEGISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CDvideophone, dan televisi broadcast.MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML(extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi  objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan  banyak interaktivitas lainnya.Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingka penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.


 Sekian dulu, semoga bermanfaat....  


No comments:

Post a Comment